RS MITRA BANGSA
RS MITRA BANGSA : Home

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?


  • 23
  • Apr

  • 2024
img

Bolehkah Ibu Menyusui Berpuasa?

Hai Sobat Mitra. Saat menjalankan ibadah puasa, biasanya ibu menyusui merasa khawatir produksi ASI akan berkurang, sebab ibu tidak mendapatkan asupan cairan dalam waktu lama. Namun jangan khawatir, sebenarnya ibu menyusui bisa melaksanakan ibadah puasa, namun tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi selama sahur dan buka puasa. Lalu, apa saja makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui? Berikut tips memilih menu sahur dan berbuka puasa untuk Sobat Mitra yang sedang menyusui.

 

Tempe, tahu dan telur

Penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Protein bisa didapatkan dari menu-menu makanan yang sederhana seperti olahan tempe, tahu, dan telur. Sebagai pelengkap, Sobat Mitra juga bisa menambahkan makanan kaya serat seperti sayuran wortel, brokoli, atau sayuran lain yang disuka. Perpaduan menu makanan ini cocok untuk

 

Bubur kacang hijau

Selain dari hewan, protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan, salah satunya adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin, lemak, protein, kalsium, dan juga serat yang penting bagi ibu yang tengah menyusui. Kacang hijau juga dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Kacang hijau bisa menjadi pilihan bagi Sobat Mitra untuk menu sahur atau takjil berbuka puasa

 

Nasi merah

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah dikenal memiliki kandungan serat dan vitamin lebih tinggi. Agar memiliki cita rasa yang lebih enak, menyantap nasi merah bisa dengan lauk yang disukai. Sobat Mitra bisa memadukan nasi merah dengan lauk kaya protein seperti yang disebutkan di atas.

 

Sayur bayam

Bayam biasa disebut dengan raja sayuran sebab sayur ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Mengonsumsi sayur bayam saat sahur atau berbuka adalah pilihan yang baik untuk ibu menyusui agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga. Sobat Mitra bisa menambahkan telur puyuh pada olahan bayam, sebab telur puyuh merupakan sumber antioksidan dan asam lemak esensial yang turut membantu meningkatkan kualitas ASI.

 

Air mineral

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, Sobat Mitra juga membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk tubuh. Disarankan untuk minum 8 gelas perhari. Selain dari air mineral, Sobat Mitra juga bisa mengonsumsi buah yang mengandung air untuk menambah asupan cairan pada tubuh.

 

Itulah tips aman berpuasa bagi ibu menyusui. Jadi, tetap penuhi nutrisimu saat sahur dan buka puasa ya Sobat Mitra.