RS MITRA BANGSA
RS MITRA BANGSA : Home

Pentingkah Medical Check Up?


  • 30
  • May

  • 2024
img

Pentingkah Medical Check Up?

Kebugaran jasmani adalah kondisi dan kemampuan tubuh seseorang untuk menjalankan aktivitas fisik sehari-hari dengan efisien dan tanpa merasa terlalu lelah. Kebugaran jasmani mencakup berbagai aspek, termasuk kekuatan otot, daya tahan kardiorespiratori, fleksibilitas, dan komposisi tubuh yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat merupakan kebahagiaan setiap orang termasuk diri kita, dan untuk memilikinya dibutuhkan kebiasaan baik dalam menjaga tubuh setiap hari.

 

Tes MCU atau Medical Check Up adalah pemeriksaan tubuh secara menyeluruh. MCU ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan. Selain itu, dengan melakukan MCU kita juga dapat mengantisipasi adanya penyakit yang menyerang kita. Prosedur MCU bisa membantu menilai kondisi berbagai organ tubuh, contohnya dengan mengecek fungsi jantung, pemeriksaan gula darah, tes urine, ginjal, hingga kadar kolesterol. Hasilnya mampu mendeteksi adanya masalah kesehatan untuk mengetahui perawatan selanjutnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Beberapa jenis Medical Check Up antara lain:

 

EKG untuk cek fungsi jantung

Ekokardiografi atau EKG adalah pemeriksaan untuk mengecek fungsi jantung menggunakan alat khusus yang mengeluarkan gelombang uara ultrasonik, sehingga menghasilkan gambar yang menunjukan kondisi jantung

 

Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan ini dapat menunjukan suatu penyakit melalui foto atau gambar yang diambil dengan sinar x atau sinar radioaktif. Pemeriksaan radiologi dapat mendeteksi penyakit seperti kanker, tumor, penyakit jantung, stroke, kelainan paru-paru, gangguan pada tulang, kondisi pembuluh darah, hati, ginjal, kelenjar getah bening, tiroid, saluran pencernaan, dan saluran reproduksi.

 

Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium terdiri dari beberapa jenis seperti pemeriksaan hematologi, tes urin, dan pemeriksaan tinja

 

Pemeriksaan Kolestrol

Dengan melakukan Medical Check Up, sobat mitra dapat mengontrol kadar kolesterol. Yang normalnya berada di bawah 200 miligram per desiliter (mg/dL). Selain itu, pastikan tekanan darah berada di kisaran 120/80. Pemeriksaan ini penting, sebab, kolestrol tinggi merupakan salah satu pemicu terserang stroke.

 

Pemeriksaan Gula Darah

Selain pemeriksaan kolestrol yang dapat memicu penyakit stroke, pemeriksaan gula darah juga menjadi penting agar sobat mitra dapat mengantisipasi terserang diabetes. Untuk melakukan pemeriksaan gula darah, sobat mitra perlu untuk melakukan puasa minimal 8 jam. Normalnya gula darah berada di kisaran 70-100 miligram per desiliter (mg/dL). Sementara prediabetes, angkanya 100-125 mg/dL. Kamu tergolong mengidap diabetes jika kadar gula lebih dari 126 mg/dL.

 

Pemeriksaan Urine

Tes urine juga termasuk salah satu pemeriksaan MCU yang penting. Prosedur medis ini dilakukan untuk mendeteksi gangguan ginjal, infeksi saluran kemih, diabetes, kehamilan, dan penyalahgunaan zat.

 

Audiometri

Pemeriksaan audiometri berfungsi untuk mengetahui kondisi telinga sebagai alat pendengaran. Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah seseorang mengalami gangguan pendengaran sensorineural atau kerusakan saraf.

 

Spirometri

Dengan menggunakan alat spirometer sobat mitra dapat mengetahui ada atau tidaknya gangguan yang terjadi pada paru-paru dan saluran pernapasan.

 

Pada dasarnya Medical Check Up adalah pemeriksaan kondisi tubuh yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Jadi bagi sobat mitra yang ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuh, disarankan untuk melakukan Medical Check Up secara berkala.